>Tugas
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
ISD atau Ilmu Sosial Dasar, adalah salah satu MKDU atau Mata Kuliah Dasar
Umum yang diadakan karena banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem
pendidikan kita oleh sejumlah para cendikiawan, terutama sarjana pendidikan,
sosial dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan kita masih merupakan
warisan sistem pendidikan Pemerintah Belanda, yaitu kelanjutan dari politik
balas budi yang dianjurkan oleh Conrad Theodhore van Deventer yang bertujuan
menghasilkan tenaga-tenaga terampil untuk menjadi “tukang-tukang” yang mengisi
birokrasi mereka di bidang administrasi, perdagangan, teknik dan keahlian lain,
dengan tujuan eksploitasi kekayaan alam Indonesia. Maka dari itu pendidikan
pada zaman belanda tersebut diprotes karena dianggap tidak sesuai, padahal pada
masa sekarang seorang sarjana dituntut untuk tidak hanya terampil dalam bidangnya
saja melainkan dituntut untuk terampil
dalam segala bidang. Maka karena hal itulah ISD merupakan salah satu ilmu agar
para sarjana terampil dalam segala bidang juga mengetahui serta cepat tanggap
terhadap keadaan lingkungan sekitar agar termpil dalam segala bidang.
Memang jika disadari Ilmu Sosial Dasar dianggap sangat perlu sekali dipelajari oleh Mahasiswa. Karena dengan
penguasaan dari ilmu-ilmu tersebut, diharapkan Mahasiswa memiliki sikap kritis
terhadap gejala-gejala essensial alam, dan memiliki sifat yang kritis terhadap
dinamika-dinamika sosial maupun budaya.
B. Rumusan
Masalah
1. Pengertian ISD.
2. Tujuan ISD.
3. Sasaran Studi ISD.
4. Ruang Lingkup Studi ISD.
5. Penggolongan dalam ISD
6. Hubungan ISD dengan Ilmu
Pengetahuan Sosial.
7. Hubungan ISD dengan Budaya
8. Pembahasan Masalah dalam ISD.
C. Tujuan
Penulisan
Tujuan dari dibuatnya makalah ini
selain sebagai tugas adalah agar lebih banyak orang dapat menngerti tentang
Ilmu Sosial Dasar.
D. Metode
Penulisan.
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah
ini adalah metode pustaka , yaitu penulis menggunakan media pustaka dalam
penyusunan makalah ini.
Penulis
juga menggunakan dokumen pribadi dalam penyusunan makalah ini.
BAB II
1.
Pengertian
ISD adalah pengetahuan yang
menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yang
berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu
sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik,
Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).
ISD merupakan suatu usaha yang
dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang
konsep-konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya
tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi
lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada
lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
2.
Tujuan ISD
Kenapa ISD diajarkan kepada mahasiswa? Itu agar setiap mahasiswa dapat memahami
hakikat pendidikan sebenarnya dan menjadi manusia seutuhnya atau mandiri
bermanfaat bagi sosial.
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum atau
MKDU, ilmu sosial dasar mempunyai tujuan
pembinaan mahasiswa, yaitu agar :
1. Perkembangan wawasan penalaran serta kepribadian
mahasiswa untuk dapat memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri
kepribadian yang diharapkan dari sikap seorang mahasiswa, khususnya yang
berhubungan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi
manusia-manusia lain, dan sebaliknya dapat bertambah.
2. Mahasiswa memahami dan menyadari kenyataan-kenyataan sosial dan
masalah-masalah yang ada didalam masyarakat.
3. Peka terhadap masala-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam
usaha-usaha menanggulanginya.
4. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya dan mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
4. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya dan mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
3.
Ruang Lingkup Studi ISD
ISD meliputi dua kelompok
utama,yaitu : Studi Manusia dan Masyarakat,
dan Studi Lembaga-Lembaga Sosial. Yang
paling utama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, dan kemudian
terdiri atas ekonomi dan politik.
4.
Sasaran Studi ISD
Yang menjadi sasaran dalama studi
ISD adalah aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia yang
tentu saja sebagai makhluk sosial dan juga tentang masalah-masalah yang
terwujud dari padanya.
5.
Penggolongan dalam ISD
Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan:
1. Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada dalam masyrakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial
tertentu.
2. Konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep
dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masala-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial, contohnya jika
terdapat keanekaragaman dan konsep kesatuan sosial yang berlawanan dengan konsep
yang telah ada. Kasus tersebut dapat kita pahami dan kita sadari bahwa di dalam
masyrakat selalu terdapat persamaaan atau perbedaan pola pemikiran dan pola
tingkah laku baik secara individual atau kelompok atau golongan.
3. Persamaan
dan perbedaan kepentingan.
6.
Hubungan ISD dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu sosial dasar atau ISD dan ilmu penegetahuan sosial
mempunyai persamaan dan perbedaan. Adapun persamaan antara keduanya adalah :
- Keduanya merupkan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran
- Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
- Keduanya mempunyei materi-materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
- Keduanya merupkan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran
- Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
- Keduanya mempunyei materi-materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan diantara keduanya adalah:
- Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
- Ilmu sosial dasar merupakan salah satu mata kuliah tunggal, sedangkan ilmu penegetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu sosial dasar diarahkan pada pembentukkan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan pada pembentukkan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
- Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
- Ilmu sosial dasar merupakan salah satu mata kuliah tunggal, sedangkan ilmu penegetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu sosial dasar diarahkan pada pembentukkan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan pada pembentukkan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
7.
Hubungan ISD dengan Budaya
Hubungan ISD dengan kebudayaan adalah sesuatu yang tidak
dapat dipisahkan, karena Indonesia mempunyai ribuan adat istiadat yang sangat
berbeda satu sama lain. Salah satu cara untuk menyatukannya telah menjadi
tujuan tersendiri dari ISD, dan oleh karena itulah ISD diadakan dalam dunia
pendidikan.
8.
Pembahasan Masalah dalam ISD
Masalah-masalah sosial yang timbul didalam masyarakat biasanya
terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang berkaitan.Konsorsium
antar bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan ISD terdiri dari 8 pokok pembahasan yaitu:
1. Masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
1. Masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah Individu, keluarga, dan
masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga Negara dan Negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyrakat perkotaan dan perdesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga Negara dan Negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyrakat perkotaan dan perdesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
KESIMPULAN
ISD atau Ilmu Sosial Dasar adalah cabang ilmu
yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial dalam kehidupan kita
sehari-hari, yang mana tujuannya adalah untuk membuat kita agar menjadi manusia yang
lebih baik dan berkualitas, serta memiliki nilai saing yang tinggi.
Dan lulusan-lulusan perguruan tinggi pun
diharapkan dapat memiliki :
1.
Kemampuan
personal (kemampuan kepribadian) : Dengan kemampuan ini diharapkan memiliki
pengetahuan sehingga menunjukkan sikap dan tindakan yang mencerminkan
kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami nilai-nilai keagamaan,
kemasyarakatan,kenegaraan (Pancasila) serta memiliki pandangan luas serta
kepekaan terhadap berbagai masaah yang dihadapi masyarakat Indonesia.
2.
Kemampuan
akademik : Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun
tertulis, menguasai peralatan analisa, mampu berpikir logis, kritis, sistematis
dan analitis. Memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan
merumuskan masalah yang dihadapi serta mampu menawarkan altematif pemecahannya.
3.
Kemampuan professional : Kemampuan dalam bidang
profesi yang bersangkutan. Kita diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan
yang tinggi dalam bidang profesinya.
SARAN
Di zaman yang keras seperti sekarang ini,
dimana persaingan semakin ketat, sebaiknya para pemuda pemudi lebih banyak
belajar, berlatih, dan mengasah kemampuannya hingga menjadi berkualitas dan tidak
kalah saing, dan semoga calon-calon pemimpin yang akan datang tidak hanya memikirkan
kepentingannya sendiri, namun juga memikirkan tentang kesejahteraan rakyatnya.
DAFTAR PUSTAKA