Pengantar Teknologi Internet dan New Media
DEFINISI
Konsep dasar dari New media adalah suatu media baru dimana
media tersebut dapat digunakan sebagai perantara antara perangkat digital dengan
manusia. Hal ini secara otomatis dapat membuat kita menjadi lebih interaktif
dalam melakukan suatu interaksi sosial dengan manusia lainnya. New media dapat diartikan
sebagai suatu media sosial yang dapat mempermudah seseorang untuk menerima atau
memberi suatu informasi. Teknologi
yang paling digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, sering memiliki
karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, dan
interaktif. Contoh dari macam-macam
bentuk New media dapat berupa Blog, Website, Situs Jejaring Sosial, Email, dan
lain sebagainya yang dapat digunakan untuk melakukan interaksi secara digital.
Menurut Lev Manovich dalam pengantar Reader New
Media, New media didefinisikan menjadi delapan bagian, adapun 3 bagian
diantaranya adalah :
Ø
Media baru vs. Cyberculture
Cyberculture adalah fenomena sosial yang berkaitan
dengan internet dan juga jaringan komunikasi. Sedangkan New Media lebih
mengarah kepada benda berparadigma (smart phone, dan perangkat analog lainnya).
Ø New Media sebagai
Teknologi Komputer yang digunakan sebagai Platform Distribusi
New Media yang berperan sebagai sarana
distribusi, misalkan melakukan penjualan di situs jejaring sosial.
Ø New Media sebagai Data
Digital Dikendalikan oleh Software
New Media mengandalkan representasi digital dan
computer berbasis pengiriman untuk melakukan berbagai kualitas umum, kemudian
New Media dijadikan sebagai data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat
lunak lainnya.
PANDANGAN
NEW MEDIA
New Media merupakan sebuah sarana baru yang dapat membantu
kita untuk meningkatkan interaksi sosial dengan manusia lainnya dengan
menggunakan berbagai macam alat digital seperti yang telah disebutkan
sebelumnya. Smartphone juga bisa dikatakan sebagai perangkat keras new media
selain komputer PC. Pengguna Smart Phone dan PC jelas bisa mendapatkan
keuntungan yang lebih dibandingkan dengan pengguna Ponsel biasa yang hanya bisa
melakukan komunikasi 2 arah saja, dimana dengan Smart Phone dan bantuan koneksi
internet, kita dapat lebih mengetahui berbagai informasi terbaru yang beredar saat
ini. Saya sebagai salah satu contoh pengguna sarana new media, yaitu Blog dan
Situs Jejaring Sosial, merasakan banyak sekali manfaat yang di dapat, contohnya
kita dapat bertukar informasi seputar masalah yang kita ingin kita tahu dan
masalah yang mungkin belum kita ketahui baik itu tentang pelajaran, hiburan,
bisnis, dan manfaat yang paling utama adalah akses untuk berinteraksi dengan
manusia lainnya.
KOMPONEN
NEW MEDIA
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet,
dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New
Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses beberapa situs jejaring
sosial layaknya penggunaan PC dengan bantuan jaringan internet. Internet
dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat
mengakses berbagai informasi dimanapun dan kapanpun kita berada. Internet
memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar,
bahkan dengan manusia dari belahan dunia yang lain (global). Komputer dijadikan
sebagai komponen New Media karena komputer juga dapat memudahkan kita dalam hal
mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan,
antara Smart Phone dengan Internet atau pun Komputer dengan Internet. Ketiganya
saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
MANFAAT
NEW MEDIA
Dengan adanya teknologi New Media sangat jelas dirasakan
bagi kita, manusia, yang pada hakekatnya sebagai makhluk sosial untuk
mendapatkan berbagai macam informasi. New Media tidak membatasi sumber daya,
dan tidak membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Berikut ini adalah beberapa
kelebihan dari New Media diantaranya :
Ø Globalisasi dan media baru
Munculnya
media baru telah meningkatkan komunikasi antara manusia di seluruh dunia. Hal ini
terbukti dengan fakta bahwa new media telah memungkinkan setiap orang untuk
mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan user-generated media
lainnya yang kemudian dapat diakses oleh pengguna sarana new media lainnya
secara global.
Ø Sebagai alat untuk perubahan sosial
New Media sebagai
sebuah wadah atau sebagai alat untuk para aktivis dalam menyampaikan
aspirasinya yang bersifat atraktif, mengajak, sesuatu tentang sindiran,
pergerakkan atau perubahan, seni, yang kemudian akan menimbulkan sebuah
perubahan sosial atau gejolak dalam kalangan masyarakat luas. Mereka biasanya menggunakan
sarana website, blog, dan video online untuk menunjukkan efektivitas dari
gerakan itu sendiri.
Ø Keamanan nasional
New Media
juga baru-baru ini menjadi "sasaran" menarik bagi para komunitas
spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database
dan dapat diambil dengan cepat yang kemudian mungkin akan direkayasa oleh
pemerintah nasional untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, merupakan dua situs
yang menarik bagi para komunitas spionase, karena setiap orang bebas
mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring dan diarsipkan untuk
melakukan pengecekkan keamanan nasional.
Ø Interaktifitas dan media baru
Interaktifitas
telah menjadi istilah untuk sejumlah media baru dalam menggunakan pilihan yang
berkembang mulai dari penyebaran cepat jalur akses Internet, hingga digitalisasi
media dan konvergensi media. Pada tahun 1984, Rice didefinisikan sebagai media
baru teknologi komunikasi yang memungkinkan atau memfasilitasi pengguna-untuk-pengguna
interaktifitas dan interaktifitas antara pengguna dan informasi. New Media akan
mengalami perubahan secara terus menerus karena berbagai faktor seperti selalu diubah dan didefinisikan
ulang oleh interaksi antara pengguna itu sendiri, munculnya teknologi baru yang
berkembang, perubahan budaya, dll
APLIKASI-APLIKASI NEW MEDIA
Banyak
aplikasi-aplikasi dari new media yang memungkinkan kita untuk berinteraksi
dengan manusia lain atau pun hanya untuk sekedar mencari informasi. Berbagai
macam aplikasi-aplikasi tersebut, diantaranya :
Ø Facebook
Facebook
adalah jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya.
Facebook diluncurkan pada tahun 2004. Media jejaring sosial ini adalah contoh
aplikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di seluruh
dunia seakan tanpa ada batasan geografi. Facebook memungkinkan semua orang
dapat terdaftar dan menggunakan media aplikasi ini dengan batasan umur minimal
13 tahun.
Ø Twitter
Twitter
adalah sebuah situs web mikroblogging yang memungkinkan penggunannya mengirim
atau membaca pesan yang bisa disebut tweets (kicauan). Pesan dalam
mikroblogging ini hanya dibatasi 140 karakter untuk tiap penulisannya.
Ø YouTube
YouTube
adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang dapat
diakses oleh masyarakat dunia yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang
bekas karyawan Paypal, Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut
perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa
pasar se besar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi
klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, film,
TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan
video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang
memiliki plugin Flashplayer.
Ø Wikipedia
Wikipedia,
sebuah aplikasi new media yang bukan merupakan salah satu dari bentuk social
networking yang banyak dikenal, karena Wikipedia ini merupakan salah satu
fasilitas edukasi yang ditawarkan, dimana pengaksesannya menggunakan media
elektronik seperti internet.
Keistimewaan
Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah
ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di
dalam almanak, majalah, spesialis, dan topik topik berita yang masih hangat.
Wikipedia berawal sebagai projek
sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas yang artikelnya ditulis oleh para ahli
Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide
mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia.
Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan.
Ø Foursquare
Foursquare,
ini adalah sebuah aplikasi layanan sosial yang dibuat tahun 2009 oleh Dennis
Crowley dan Naveen Selvadurai. Situs ini memungkinkan kita untuk memberitahu
lokasi dimana kita berada dengan bantuan GPS. Pengguna
"check-in" (cek masuk) di
berbagai tempat melalui situs web bergerak, pesan teks atau
aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat
terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut.
Sumber referensi :
Sumber referensi :
http://antharas14.blogspot.com/2011/10/peng-teknologi-internet-dan-new-media.html
(Diakses pada : Selasa, 2 Oktober 2012. Pukul 5:22 sore)
(Diakses pada : Selasa, 2 Oktober 2012. Pukul 5:22 sore)
http://nanda-bima.blogspot.com/2011/10/peng-teknologi-internet-dan-new-media.html
(Diakses pada : Selasa, 2 Oktober 2012. Pukul 5:35 sore)
Gambar dari :
http://safemode.web.id/artikel/teknologi/new-media
(Diakses pada : Selasa, 2 Oktober 2012. Pukul 5:47 sore)
(Diakses pada : Selasa, 2 Oktober 2012. Pukul 5:35 sore)
Gambar dari :
http://safemode.web.id/artikel/teknologi/new-media
(Diakses pada : Selasa, 2 Oktober 2012. Pukul 5:47 sore)
No comments:
Post a Comment