Saturday, December 15, 2012

Tugas Peng. Tek. Internet dan New Media 3

Cara Membuat Website Sederhana

Sebenarnya saya masih belum paham betul tentang cara membuat web, dan ini adalah pertama kalinya saya membuat web. Dan sebenarnya banyak buku-buku serta artikel di dunia maya yang berisi tentang cara atau tutorial membuat website, tapi karena saya adalah tipe orang yang malas membaca, akhirnya saya memutuskan untuk belajar membuat web secara langsung dengan bantuan teman saya. Terimakasih saya ucapkan kepada teman saya yaitu, saudara Andreas Billy Sutandi yang telah meluangkan waktunya untuk mengajari dan membimbing saya dalam pembuatan website.

Tujuan saya membuat web yang pertama sebenarnya karena ini adalah tugas kuliah, dan yang kedua itu adalah karena saya memang ingin tahu dan ingin mencoba, karena jurusan saya adalah Teknik Informatika, entah kenapa saya merasa harus bisa, dan harus mengerti hal-hal semacam ini.

Sedikit tentang sejarah web :
World Wide Web ("WWW" atau lebih singkat "Web") atau Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs, adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL.

Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi anggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
“The WorldWideWeb (WWW) project aims to allow links to be made to any information anywhere. [...] The WWW project was started to allow high energy physicists to share data, news, and documentation. We are very interested in spreading the web to other areas, and having gateway servers for other data. Collaborators welcome!" — dari posting pertama Tim Berners-Lee.

Okay ini dia, yang ditunggu-tunggu, cara pembuatan web sederhana dari saya. Bukan maksud menggurui, tapi hanya sekedar berbagi informasi. Yuk, belajar bareng !

 1. Pertama kita harus tahu apa tujuan kita membuat web, jenis website seperti apa yang ingin kita buat, dan yang pasti aplikasi atau software penunjang yang akan membantu kita dalam pembuatan website. Yang saya gunakan itu ada beberapa macam aplikasi seperti Notepad++ untuk membuat koding-koding berformat .html, lalu ada FileZilla yang fungsinya seperti penghubung antara data kita dan data yang akan di-upload nanti ke situs yang telah kita buat, dan terakhir adalah xampp, saya tidak terlalu yakin apa fungsi dari aplikasi yang satu ini, tapi setahu saya ini berfungsi untuk koneksi komputer kita dengan server lokal, dan tempat awal dimana calon web kita dibuat. Jika aplikasi-aplikasi tadi tidak ada di komputer anda, ada baiknya anda download aplikasi tersebut terlebih dahulu.

2. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah pendaftaran atau mencari sebuah hosting yang akan menampung file-file web site kita pada sebuah server yang nantinya akan terhubung ke jaringan internet, dan biasanya orang-orang tertarik dengan hosting yang gratis (entah kenapa kata "GRATIS" terdengar sangat menggoda di telinga saya). Okay, kita lanjut, dalam hal ini saya melakukan pendafaran untuk membuat web site secara gratis di http://byethost.com/. Disini kita bisa dapat hosting gratis, cukup dengan mengklik tulisan Free Hosting, lalu sign up dan isi data-data yang diminta, seperti username, password, dan domain atau nama web anda, cek e-mail anda untuk memferivikasi, isi lagi beberapa data yang diminta, setelah selesai,  tunggu sampai web kita akhirnya akan di go publish. Jadi intinya kita butuh hosting yang akan menampilkan website kita ke jaringan internet.

3. Beralih ke aplikasi-aplikasi ajaib yang sebelumnya saya ceritakan pada nomor 1, yang pertama akan kita gunakan adalah xampp. Buka XAMPP Control Panel Apllication.exe, maka tampilannya akan muncul di bagian kanan bawah layar kita, lalu klik START pada bagian Apache dan MySql hingga muncul tulisan Running. Buka Mozilla Firefox atau aplikasi web browsing apapun yang ada pada komputer anda, dan ketik http://localhost/, maka kita akan langsung masuk ke bagian xampp(tanpa perlu menggunakan akses internet). Buka My Computer, lalu cari folder XAMPP. Didalamnya ada satu folder yang bernama Htdocs, buka lalu buat folder baru dengan nama web site yang ingin kita buat di dalam folder Htdocs tadi, contoh : mojowawaw.

Selanjutnya adalah Notepad, buka notepad kita lalu klik "Language" dan pilih "H" untuk html. Ketikkan kodingan-kodingan (semacam rumus atau tulisan biasa yang nantinya akan menghasilkan suatu perhitungan, bentuk atau tampilan) yang kita inginkan, lalu save dengan nama "index.html". Nah, untuk referensi kodingannya silahkan kunjungi alamat ini http://w3schools.com/. Untuk urusan template atau tampilan latar belakang dari  website, kita bisa membuatnya sendiri dengan aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan pembuatan atau peng-editan gambar, salah satunya seperti Adobe Photoshop. Lalu hasilnya masukkan di folder website yang sebelumnya telah kita buat (mojowawaw). Untuk melihat hasil tampilan web sementara kita, buka aplikasi web browsing, masuk ke alamat http://localhost/xampp/, ubah tulisan xampp menjadi nama folder kita (mojowawaw), seperti ini : http://localhost/mojowawaw/. Maka tampilan web kita akan muncul. Ini berguna untuk menentukan apakah tampilan website kita sudah sesuai dengan keinginan kita atau belum, sebelum nantinya di-upload dengan menggunakan FileZilla.

Setelah semua selesai dibuat, dibangun, dan diperindah, langkah selanjutnya adalah menampilkan hasilnya ke publik dengan cara, kita buka FileZilla. Isi bagian "Mesin, Nama Pengguna, dan Kata Kunci" sesuai dengan yang tertera pada email yang telah kita ferivikasi sebelumnya, lalu klik "koneksi cepat". Setelah connect, pada bagian "situs local", buka folder tempat kita menyimpan folder web yang sebelumnya telah dibuat, contoh c:\xampp\htdocs\mojowawaw. Lalu copy atau drag folder web kita (mojowawaw) ke sebelah kanannya yaitu bagian "situs remote", maka secara otomatis isi dari folder tersebut akan ter-upload ke website kita. Buka website kita dengan bantuan web browsing apapun, pastikan komputer terhubung dengan jaringan internet, dan silahkan menikmati hasil perjuangan anda. :D

Dan inilah hasil perjuangan saya :
http://www.fajarpermana.byethost7.com/

Sekian cara membuat website sederhana dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah mau membaca, maaf kalo ternyata malah membuat anda bingung :D

Penting untuk dilihat :
Referensi sejarah tentang web :

No comments:

Post a Comment