Bisnis berasal dari business, busy atau sibuk. Sibuk dalam mengerjakan aktivitas atau suatu
pekerjaan yang dapat menghasilkan keuntungan, dilakukan seorang diri/individu
ataupun juga dengan kelompok/organisasi.
Dalam arti luas, bisnis dapat diartikan sebagai gambaran semua aktifitas
dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari.
· Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk
memuaskan kebutuhan masyarakat (bussiness is then simply a system that
produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T
Chwee,1990]
· Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang
bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert]
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang
dilakukan perorangan/individu atau suatu organisasi yang menciptakan sebuah nilai
dengan melakukan pembuatan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
dan mendapatkan keuntungannya.
Aspek-aspek bisnis:
Adapun aspek-aspek yang terdapat dalam bisnis adalah sebagai berikut :
1. Kegiatan individu dan kelompok
Dilakukan sendiri atau bersama-sama
dengan orang yang ingin menciptakan bisnis, agar kegiatan bisnis dapat berjalan
lebih mudah dan lancar.
2. Penciptaan nilai
Sebelum menciptakan
barang dan jasa, dilihat dulu nilai apa yang dapat dihasilkan oleh barang yang
akan diciptakan.
3. Penciptaan barang dan jasa
Setelah penciptaan nilai
disepakati, maka selanjutnya dilakukan penciptaan barang dan jasa.
4. Keuntungan melalui transaksi
Setelah terciptanya
barang dan jasa, maka akan terjadi proses transaksi yang nantinya akan
menghasilkan keuntungan.
Fungsi bisnis dalam kepentingan mikro dan makro:
Fungsi Mikro Bisnis
Fungsi yang memiliki kontribusi terhadap pihak yang berperan secara langsung.
1. Pekerja / Karyawan
1. Pekerja / Karyawan
Pekerja menginginkan
gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang
tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.
2. Dewan Komisaris
Memantau kegiatan dan
mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan.
3. Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki
kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan.
Fungsi Makro Bisnis
Fungsi yang memiliki kontribusi terhadap pihak yang berperan secara tidak
langsung.
1. Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi
kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.
2. Bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada Bangsa dan Negara yang
diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.
Elemen dan Sistem Bisnis
1. Modal (Capital), uang
yang akan digunakan dalam kegiatan bisnis.
2. Bahan (Materials), diperlukan
untuk melaksanakan aktifitas yang kemudian akan diolah agar menghasilkan barang
dan jasa.
3. SDM (Human Resources), kualifikasi
SDM harus bersifat kompetitif dan
berkualitas.
4. Keterampilan Manajemen
(Management Skill), harus berdasarkan prosedur dan tata kerja.
Karakteristik Sistem Bisnis
- Bersifat kompleks agar jelas dan tidak sembarangan dapat ditiru oleh oknum lain, dan bersifat beraneka ragam agar menarik.
- Saling ketergantungan agar saling bekerjasama dan dapat berjalan dengan bisnis-bisnis lainnya guna mendapat hasil yang maksimal.
- Perubahan dan inovasi diperlukan agar konsumen selalu tertarik dengan produk yang ditawarkan tidak merasa bosan.
Bentuk Dasar Kepemilikan
Bisnis
Sebuah bisnis dapat dimiliki oleh:
- Perusahaan perorangan
- Persekutuan
- Perseroan
- Koperasi.
Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis
Zaman sekarang teknologi informasi memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam
hal bisnis. Banyaknya pengguna smartphone belakangan ini membuat proses
bisnis dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, karena melalukan proses bisnis tersebut
dapat dilakukan secara on-line dan real time, sehingga informasi dan hasilnya dapat
langsung dilihat saat itu juga.
Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang bisnis adalah
E-commerce. E-commerce adalah perdagangan melalui jaringan komunikasi internet.
E-commerce diklasifikasikan dalam 3 tipe aplikasi, yaitu:
1. Electronic Markets(Ems)
Sarana yang
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan
penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat bertukar informasi
dengan penjual tentang harga dan produk yang diwarkan.
2. Electronic Data Interchange(EDI)
Sarana untuk
mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam
jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Memiliki standar pengkodean
transaksi, sehingga organisasi tersebut dapat melakukan komunkasi secara
langsung, sehingga terhindar dari kesalahan yang tidak disengaja dalam
penanganan berkas ataupun intervensi dari manusia.
3. Internet Commerce
Penggunaan
internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas
perdagangan. Contohnya seperti iklan penjualan barang atau jasa. Transaksi yang
terjadi berupa pembeli memilih kemudian memesan barang yang ditawarkan penjual melalui
internet, lalu melakukan pembayaran melalui rekening, kemudian barang yang
diinginkan akan dikirim melalui pos atau sarana lain.
Peranan Teknologi Informasi dalam Bisnis
Teknologi informasi memiliki peranan yang besar
dalam membantu manusia memecahkan permasalahan bisnis, seperti :
- meningkatkan produktivitas
- meningkatkan efektivitas
- meningkatkan efisiensi
- meningkatkan mutu
- meningkatkan kreativitas
- problem solving (pemecahan masalah).
Kita sebagai pengguna teknologi
informasi harus memiliki tanggung jawab dalam hal penggunaan teknologi
informasi tersebut. Sesuaikan dengan peraturan hukum yang berlaku, agar tidak
terjadi kesalahan, baik itu pelanggaran hak cipta, privasi orang lain, ataupun
kesalahan dalam penjagaan sebuah informasi yang dapat mengakibatkan hilang atau
rusaknya sebuah informasi atau data, atau malah tersebar secara ilegal.
Penggunaan yang baik dari teknologi informasi juga dapat memaksimalkan kinerja
dari teknologi itu sendiri.
Referensi :
http://dewi_anggraini.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17386/pengertian+dan+fungsi+bisnis.pdf
http://blog.unila.ac.id/mastalina/2009/06/02/peranan-teknologi-informasi-dalamdunia-bisnis/
http://purpl3.wordpress.com/
http://dewi_anggraini.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17386/pengertian+dan+fungsi+bisnis.pdf
http://blog.unila.ac.id/mastalina/2009/06/02/peranan-teknologi-informasi-dalamdunia-bisnis/
http://purpl3.wordpress.com/
Tugas Softskill, individu, edisi semester 7.
Sekian
tulisan dari saya, seperti biasa, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat
dan mohon maaf apabila ada kesalahan.
Saya
Fajar, caw !
No comments:
Post a Comment